Diambang Krisis Gas, Seluruh Sektor Industri Jerman Bakal Terpaksa Dihentikan

BERLIN, - Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck mengatakan kepada surat kabar Der Spiegel bahwa Jerman kemungkinan terpaksa menghentikan seluruh aktivitas sektor industri jika negara itu mengalami kekurangan pasokan gas.

“Semua aktivitas pabrik akan dihentikan. Ini akan menjadi bencana bagi beberapa industri. Dan kita tidak berbicara tentang dua hari atau minggu, tetapi tentang waktu yang lama. Kita berbicara tentang orang-orang, yang akan kehilangan pekerjaan dan wilayah yang akan kehilangan seluruh kompleks industri,” kata Habeck pada Jumat (24/6).

Meski demikian, ia menegaskan bahwa Jerman akan tetap bersatu dalam menghadapi kesulitan ini dan sepenuhnya mendukung kebijakan sanksi anti-Rusia.

Pekan lalu, aliran gas melalui pipa Nord Stream dari Rusia ke Jerman sudah dikurangi sebanyak 60%. Raksasa energi Rusia Gazprom mengatakan bahwa pengurangan ini terjadi karena masalah teknis yang timbul dari kebijakan sanksi Barat.

Menurut Gazprom, perusahaan pemasok peralatan asal Jerman, Siemens Energy, gagal mengembalikan unit pompa gas ke stasiun kompresor tepat waktu. Turbin yang diperbaiki untuk pipa Rusia tersebut saat ini masih berada di fasilitas pemeliharaan di Kanada, dan tidak bisa dikirim karena terkendala kebijakan sanksi yang diberlakukan oleh pemerintah Kanada terhadap Rusia. Siemens mengatakan Jerman dan Kanada sedang mencari solusi untuk masalah ini.



sumber: www.jitunews.com